MANAJEMEN STRATEGI
“PERTANGGUNG JAWABAN
SOSIAL KORPORAT DAN ETIKA BISNIS”
Oleh :
PASCA SARJANA UNIVERSITAS MUSLIM
INDONESIA
PROGRAM STUDI MAGISTER MANAJEMEN
2016
BAB IV.
PERTANGGUNGJAWABAN SOSIAL KORPORAT
DAN ETIKA BISNIS
Etika Bisnis
Adalah
Suatu rangkaian prinsip yang harus diikuti apabila menjalankan bisnis.
Tanggung Jawab
Sosial
Suatu
pengakuan dari perusahaan bahwa keputusan bisnis dapat mempengaruhi masyarakat
(komunitas dan lingkungannya) dan secara luas meliputi tanggung jawab perusahaan terhadap pelanggan,
karyawan dan Kreditur .
1.
Tanggung Jawab
kepada Pelanggan
Tanggung Jawab kepada
Pelanggan jauh lebih luas dari pada hanya menyediakan barang atau jasa. Perusahaan
mempunyai tanggung jawab ketika memproduksi dan menjual produk. Dalam praktek
tanggung jawab ydm meliputi :
a.
Tanggung Jawab Produksi
b.
Tanggung Jawab Penjualan
Hal-hal penting yang harus diperhatikan:
Memahami arti penting pendekatan stakeholder pada
pertanggungjawaban sosial.
Menjelaskan kisaran pertanggungjawaban sosial dan efek bermacam-macam
opsi terhdap laba perusahaan.
Menguraikan sebuah audit sosial dan menjelaskan arti
pentingnya.
Mendiskusikan efek Sarbanes-Oxley Act 2002 terhadap
perilaku etika bisnis.
Membandingkan keuntungan-keuntungan berbagai pendekatan
sosial kolaboratif dengan pendekatan-pendekatan alternatif pada CSR.
Menjelaskan lima prinsip inisiatif sosial kolaboratif.
Membandingkan nilai-nilai
kebaikan pendekatan-pendekatan berbeda pada etika bisnis.
Menjelaskan relevansi
etika bisnis pada praktek manajemen strategis.
2.
Tanggung Jawab
kepada Karyawan
a.
Rasa Aman para Karyawan
b.
Perlakuan layak oleh karyawan lain
c.
Kesempatan yang sama
3. TANGGUNG JAWAB KEPADA KREDITOR
4.
TANGGUNG JAWAB
PADA LINGKUNGAN
Tipe-tipe
Pertanggungjawaban
a. Pertanggungjawaban social
b. Pertanggungjawaban hokum
c. Pertanggungjawaban etika
d. Pertanggungjawaban
diskresional
Tujuan
setiap perusahaan → memelihara kelangsungan hidup melalui laba jangka panjang,
tetapi sampai semua biaya dan manfaat dicapai, laba bisa jadi tidak diklaim.
Pada kasus pertanggungjawaban sosial korporat, biaya-biaya dan manfaat-manfaat adalah ekonomis dan sosial.
Audit Sosial
Audit
Sosial → untuk mengukur kinerja sosial aktual sebuah perusahaan terhadap
sasaran-sasaran sosial yang telah ditetapkan olehnya sendiri. Sebuah audit
sosial bisa dilaksanakan oleh perusahaan itu sendiri, tetapi audit sosial yang
dilaksanakan oleh seorang konsultan luar yang akan mengenakan bias-bias minimal terbukti bisa lebih menguntungkan
bagi perusahaan. Menyangkut sebuah audit sosial
seorang auditor luar membawa kredibilitas kepada evaluasinya.
Etika Manajemen
mengacu
pada prinsip-prinsip moral yang mencerminkan keyakinan-keyakinan masyarakat
tentang tindakan-tindakan seseorang individu atau sebuah kelompok yang adalah
benar dan salah.
Pendekatan-pendekatan
pada persoalan etika
Ada
tiga pendekatan etika mendasar yg perlu dipertimbangkan oleh para eksekutif:
a. Pendekatan utiliter
b. Pendekatan hak-hak moral
c. Pendekatan keadilan
sosial
Tidak ada komentar:
Posting Komentar